Advan G1 Batal Rilis Gara-Gara Pokemon Go

Advan, salah satu vendor smartphone lokal satu ini sebelumnya dikabarkan siap meluncurkan perangkat smartphone premium terbarunya pada tanggal 17 Agustus 2016 lalu, namun terpaksa menemui penundaan dikarenakan sejumlah hal. Salah satunya, dikatakan ialah fenomena game Pokemon Go yang sebelumnya melanda tanah air.

Terkait penundaan tersebut, Pakar Telematika Hasnul Suhaimi yang juga terlibat dalam proses pengembangan perangkat bertajuk Advan G1 tersebut mengatakan, “Advan G1 terpaksa kami tunda peluncurannya karena ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. Spesifikasi kamera yang ada memang sudah sesuai dengan yang diharapkan, namun hasil fotonya dirasa kurang memuaskan. Selain itu, kami juga akan menambahkan fitur smart camera”.

Selain itu Hasnul juga mengatakan, jika tak lagi ada halangan smartphone premium terbaru Advan G1 yang telah dijalankan di atas sistem operasi android v6.0 Marshmallow tersebut, bakal diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 28 Oktober 2016, atau bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Hasnul juga berharap penundaan tersebut bisa memberikan waktu yang lebih lama, untuk Advan menyempurnakan Advan G1 agar spesifikasinya sesuai dengan yang diaharapkan masyarakat Indonesia.

Sementara itu, pernyataan lainnya datang dari Andy Gusena selaku Brand Director Advan. Ia menuturkan, jika penundaan yang dilakukan untuk meresmikan Advan G1 tersebut juga berkaitan dengan game Pokemon Go yang beberapa waktu lalu begitu fenomenal di kalangan para pengguna smartphone tanah air.

Pasalnya, Andy menuturkan jika sebenarnya dalam konsep awal Advan G1 ponsel ini tak menanamkan sensor gyroscope. Sedangkan untuk memainkan game Pokemon Go yang mengusung teknologi Augmented Reality (AR) sendiri, sebuah smartphone harus mempunyai kelengkapi sensor tersebut pada teknologi kameranya. Untuk itu, ia mentargetkan Advan G1 versi final kala diluncurkan nantinya sudah harus menyematkan sensor tersebut.

Sedikit berbicara tentang spesifikasi yang tengah disiapkan Advan G1 itu sendiri, smartphone premium buatan Advan ini dikatakan akan mengusung kekuatan prosesor Quad-core dengan chipset MT8735 buatan Mediatek, RAM 3 GB, serta diperkuat dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Sedangkan untuk bagian fotografinya, Advan G1 disebut akan hadir dengan lensa kamera berkekuatan 13 MP menggunakan aperture f/2.0 pada sisi punggung, kamera depan 5 MP, serta fitur premium berupa sensor fingerprint.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s